Home| Cerpen| Puisi| Ocehan| Lomba| Renungan

Saturday, May 29, 2010

Catatan Si Pemalu

Aku adalah seorang yang sangat pemalu dan tidak sedikitpun punya rasa percaya diri..sebelum memulai apapun yang selalu berkecamuk dalam benakku adalah "bisakah aku" dan bukan "aku harus mencoba" aku tak akan pernah berpikir berani untuk mencoba apalagi bila sudah berada didepan umum...aku tak berani sama sekali tak berani, mungkin memang sudah sifatku seperti itu semenjak kecil kata Ibu aku memang anaknya yang sangat pemalu walau prestasi akademi disekolah tak pernah kalah, namun bila sudah berhadapan dengan umum aku tak pernah berani


waktu berjalan merangkak..semakin hari usiaku semakin bertambah..namun rasa ketidak percayaaan pada diri sendiri tetap melekat erat dalam keseharianku..hingga tibalah suatu hari Ayah yang aku cintai harus menghadap Alloh terlebih dahulu seblelum aku dan Ibu..disini mahu ataupun tidak aku harus berusaha mencari pekerjaan waktu itu umurku 19tahun, aku hanya seorang pemalu dan lulusan sma apalah gunanya ijazah sma diindonesia sedang yang sarjana saja lebih banyak menggangur

maka dengan tekat bulat dan mengesampingkan rasa ketidak percayaan diri yang berlebihan aku berusaha untuk mencari pekerjaan dan ada seseorang yang menawariku pekerjaan tapi dengan menjadi seorang TKW diluar negeri..tak apa kataku aku bisa bekerja dimanapun asal halal dan mencukupi kebutuhanku dan kebutuhan Ibu..singkat cerita akupun berangkat keSingapura dengan job menjaga 2bayi dan satu anjing tak apa kujalani hingga dua tahun dengan sukses...tapi waktu itu rasa ketidak percayaan diri masih melekat juga padaku, aku tak bisa bergaul dengan nyaman seperti kebanyakan orang..rasa minderku terlalu tebal..hehehe

setalah 2tahun diSingapura aku pulang namun apa hendak dikata makin hari kebutuhan makin tinggi harganya hingga kuputuskan kembali bekerja menjadi TKW..kali ini aku memilih HongKong..kartena sifatku yang pemalu dan entah memang tak ada majikan yang mahu padaku sebab wajahku tidaklah menarik..jadi kuhabiskan waktu setahun di BLK barulah aku mendapat majikan

di HongKong sifat tidak percaya diri semakin bertambah..aku tidak enjoy menjalani aktifitas apapun disini..apalagi bila libur tiba aku tak tahu harus kemana dan tak tahu harus berbuat apa..aku minder melihat teman-teman yang dengan enjoy dan percaya diri melakukan apapun, hingga suatu hari bertemulah aku dengan seorang yang bernama "Melani" dia orang yang pertama yang menyodorkan tangan padaku agar mahu menjadi sahabatnya..dia orang pertama yang banyak membentuk kepribadianku menjadi seperti sekarang ini..dia yang melihat potensiku dalam menulis dan memintaku untuk mengembangkanya..dia orang pertama yang mengubah pandanganku terhadap dunia...dia awal segala-galanya

darinya aku belajar menulis..mengapresiasi, membaca dan menilai sebuah tulisan..darinya sedikit demi sedikit aku berani tampil didepan umum dalam lomba baca puisi..darinya aku belajar menerima kritik sebagai pembelajaran..darinya kutemukan jati diriku yang sesungguhnya..aku menjadi sosok yang smart dengan percaya diri yang sudah bisa dibilang lumayan satu kata darinya yang tak pernah kulupa "jangan katakan tidak bisa sebelum mencoba"

tapi sekarang aku tak tahu dimana dia..setelah beberapa tahun yang lalu dia berpamitan hendak mengadu nasib di Canada hingga kini tak ada kabarnya..sudah kucoba mencari tahu dari agent yang dulu menawarkan dia pekerjaan keCanada tapi agentnya itupun tak tahu menahu soal Melani sekarang..padahal aku sangat merindukannya..berkat semua jasa dan suportnya aku menjadi diriku yang sekarang..bahkan aku kini berani terlibat dalam diskusi-diskusi panjang...hebat bukan :D

akhirnya kuakhiri tulisan ini dengan ucapan trimakasih yang tak terhingga kepada Melani..yang telah menjadi pembimbing sekaligus guru yang baik bagiku, dimanapun kamu sekarang..doaku selalu menyertaimu..dan buat teman-teman yang mempunyai sifat sepertiku "tidak percaya diri" cobalah untuk lebih percaya diri "cobalah..kalau tidak mencoba..mana kita bisa" good luck

No comments: