Home| Cerpen| Puisi| Ocehan| Lomba| Renungan

Thursday, February 11, 2010

Ibuku Bernama Kartini

Ibu kita Kartini
putri sejati
putri Indonesia
harum namanya

Ibu kita Kartini
pendengkar bangsa
pendekar kaumnya
untuk merdeka

wahai Ibu kita Kartini
putri yang mulia
sungguh besar cita-citanya
bagi Indonesia

Masih hapalkah teman dengan lagu itu..lagu saat masih sekolah dulu selalu dinyanyikan kala ada peringatan hari Kartini, dan lagu ini juga termasuk lagu favoritku kala aku masih sekolah..bukan karena aku mengidolakan Kartini yang punya nama panjang R.A Kartini, namun disebabkan karena Ibu kandungku bernama Kartini

Ibu kandungku bernama Kartini..entah apa yang ada dalam pikiran kakek waktu menamai Ibu dengan nama kartini..tapi begitulah kenyataannya Ibu ku bernama Kartini..dan dulu aku sering bernyanyi keras-keras lagu Kartini bila Ibu sedang marah padaku, tak disangka beliau lagsung luruh tak memarahiku lagi, bila aku telah menyanyi lagu Kartini

Dulu lagu Kartini aku jadikan sebagai penangkal kemarahan Ibu, aku suka menggoda Ibu dengan lagu ini...dan beliau akan tersenyum dan gembira..bila anak bungsunya aktif bernyanyi dan mencoret-coret dinding dengan kapur tulis, dinding rumahku tak pernah bersih dari coretan-coretanku kebetulan waktu itu rumahku masih berdinding papan

Ibu kartiniku adalah madrasah pertama bagiku..walau beliau buta huruf dan tak sedikitpun mengenyam pendidikan..namun beliau pandai berhitung, segala hitungan yang sulit sekalipun Beliau amat pandai..darinya aku belajar berhitung..belajar mengenai kehidupan, dan belajar apa saja

Saat aku belum sekolah aku telah mahir dalam hitungan jam..semua menit detik aku telah dapat menguasainya..namun aku tak mengenal hurf A ataupun B, mau naik kelas 2 SD baru aku bisa membaca dan menggandeng huruf-huruf tulisan..beda dengan perhitungan

Tapi aneh..setelah sekolah di SMP aku jadi benci berhitung, aku benci matematika..yang aku suka dari semua pelajaran hanya Fisika, dan lain lagi saat SMA..di SMA aku suka pelajaran Kimia, dan soal berhitung aku kalah dengan yang lainnya..ihh kok malah jadi Curhat lagi ya..hehehe, maaf-maaf (bila ada yg tak berkenan)

Kini Kartiniku telah tiada..semoga Beliau bahagia dialamnya..selalu terucap doa dari bibir dan hatiku untuk Ibu Kartiniku, semoga kelak kita dapat berjumpa di surga-Nya..amin

Berhubung wanita yang aku idolaka bernama KARTINI (Ibuku)
jadi akupun mengidolakan kartini..aku mengidolakan Ibuku..amat sangat mengidolakannya tentang semuanya yang ada padanya love you Bu

No comments: