Home| Cerpen| Puisi| Ocehan| Lomba| Renungan

Thursday, February 11, 2010

Melelahkan

Berawal dari jatah liburku selama 17hari untuk pulang ke kampung halaman, aku menyiapkan segalanya dengan sangat prima dan dengan perasaan yang begitu senang karena sebentar lagi ketemu dengan keluarga, juga telah kurencanakan aku akan berjalan-jalan terus selama 17hari itu, sedikit obat-obatan juga telah kupersiapkan untuk menjaga ketahanan tubuh, akan kubawa sa'at akan mejalani holiday panjangku..namun apa dikata Tuhan lebih berkuasa untuk menentukan kapan makhluknya mengalami sakit dan lemah hingga harus tergolek tak berdaya di ranjang peristirahatan

Tanggal 05 juli aku mulai perjalananku dengan senang hati, setelah 4.5jam pesawat Garuda yang membawaku dari Hong Kong pun landing di Bandara Soekarno Hatta dengan mulus tanpa kekurangan suatu apapun..dan disana ternyata diriku dan 2 teman yang ketemu diatas pesawat telah dijemput oleh seseorang yang mengaku dari hotel, kamipun dibawanya kehotel dan menginap semalam disana..namun sayang karena rasa rindu pada keluarga telah mencapai di ubun-ubun jadi semalaman kami bertiga tidak memicingkan mata sedikitpun..rasanya ingin segera sampai kerumah saja

Esoknya Tanggal 06juli tepat jam 6:00 pagi aku kembali kebandara Soekarno Hatta untuk menyambung perjalananku hingga kesemarang, sampai disemarang jam 7:00pagi dan telah dinanti oleh temanku yang menjemput..setelah berkangen-kangenan terus dilanjutkan berburu restaurant yang dekat dengan bandara Ahmad Yani..setelah benar-benar kenyang baru aku melanjutkan perjalanan ke pati ketempat dimana aku lahir 28tahun yang lalu

Sampai di rumah yang masih sama dengan keadaan sa'at aku dilahirkan cuma bedanya makin rapi dan tertata rapi, aku hanya disambut oleh kakak ipar perempuanku, setelah berpelukan dan kangen-kangenan aku istirahat karena begitu capek serasa badan ini..padahal banyak orang pada datang, egois juga ya rose..hehehe

Satu jam aku bangun dan segera menemui tamu-tamu yang datang, 3hari aku dipati dan hari keempat kakak perempuanku yang berada di kecamatan kao menelponku menyuruhku untuk datang ke kao..padahal aku sedikitpun tak ada persiapan untuk ke kao berhubung waktuku yang terlalu mepet, tapi untuk menolaknya aku tak tega..hingga pagi itu juga aku menghubungi Tatik temanku memintanya untuk menemaniku cari tiket pesawat yang sampai Ternate (kabupatennya)

Tanggal 10juli aku dan Tatik kesemarang untuk berburu tiket keternate..namun sa'at sampai bandara tiket keternate sudah habis dan tanggal 12juli baru ada pesawat keternate, itupun hanya satu pesawat yaitu batavia air, mau tidak mau akupun booking satu tiket pesawat, jadi tanggal 11juli seharian aku di Kendal untuk menginap karena mau balik kepati terlalu jauh

Nah sa'at dikendal inilah aku jajan es yang memakai es batu dipinggir jalan, tanpa dinyana entah udah sa'atnya sakit atau gara-gara es yang kuminum..malamnya tenggorokanku gatel sekali, namun tak begitu aku hiraukan dan siangnya tanggl 12juli akupun berangkat keternate dengan kondisi yang sudah mulai tak fit lagi, jam 2:00siang dari semarang transit dijakarta sampai jakarta jam 3:00 sore dan pesawat berangkat keternate jam 2:00 dini hari..coba bayangkan berapa lama aku harus menunggu..mulai dari sini rasa sakit yang aku tahan mulai menjadi..aku tidak bisa menelan makanan hingga oleh petugas bandara aku dinyatakan tidak fit untuk perjalanan panjang yang menempuh waktu 5jam dari jakarta keternate, namun aku ngotot harus berangkat dini hari itu juga

Tanggal 13juli jam 07:00 pagi aku sampai diternate dan dijemput oleh ponakanku..karena kondisiku yang udah ambur radul jadi aku langsung dibawa kedokter, oleh dokter aku hanya dinyatakan darah rendah dan kekurangan kadar gula atau entah apa namanya pokoknya dokter bilang suruh makan nasi dan minum yang manis-manis, pada dokter aku bertanya "dok apakah aku masih boleh melanjutkan perjalanan..?soalnya tujuan perjalananku masih panjang dan membutuhkan waktu seharian lagi" dokter menjawab "boleh tapi jangan lupa minum obat dan banyak makan agar punya daya tahan tubuh" "baik dok..trimakasih" jawabku setelah menyelesaikan administrasi akupun melanjutkan perjalanan ke kecamatan kao yang membutuhkan waktu seharian dari ternate..disanalah kutemui kakakku

Sampai di Kao malam hari, setelah berkangen-kangen ria dengan kakak akupun istirahat badan ini serasa capek sekali dan tiada daya, pagi harinya tanggal 14 kondsisiku melemah dan setiap batuk dari hidungku keluar darah segar, aku panik dan aku diamin saja..takut kalau kakakku ikutan panik kalau tahu apa yang terjadi denganku..kupaksakan untuk bangun dan seperti tak terjadi apa-apa, aku berjalan mengunjungi teman-temanku..tapi setelah pulang dari berkunjung keteman-teman kakak mempergokiku sa'at sedang mengelap hidung ysng prnuh dengan darah segar, kakak pun menyuruhku untuk istirahat, aku istirahat 2hari anmuan tanda-tanda kesembuhan belum terlihat, hingga tanggal 17juli aku dibawa kakak ketobelo untuk berobat

Lagi-lagi dokter yang mengobatiku tak bilang apa-apa "semua baik-baik saja dan tak ada yang membahayakan dengan kesehatannya" begitu kata dokter pada kakakku dan akupun hanya diberinya obat sangobion dan amoxcilin, aku masih merasa begitu lemah namun esok harinya tanggal 18juli aku harus kembali keternate dan berlanjut kembali kejawa karena tanggal 22juli aku harus kembali lagi ke Hong Kong

Tanggal 18juli aku kembali keternate dan sampai diternate sore, malamnya aku langsung cari tiket untuk pulang kejawa...sayang sungguh sayang dari ternate tak ada tiket pesawat yang langsung semarang, adanya surabaya dan jakarta..denagn berat ahti akupun memilih yang turun disurabaya ketimbang dijakarta

Tanggal 19juli aku kembali kejawa dengan menumpang Merpati..sampai di Surabaya sore jam 5 dan dari Surabaya kePati aku ikut travel sampai dipati jam 04:00pagi tanggalpun telah berubah jadi tanggal 20juli, kondisiku masih belum pulih benar hingga pagi harinya kakak iparku membawaku kembali kedokter dan dokter bilang harus istirahat dan aku diberinya banyak obat, istirahat dua hari aku merasa lebih baik dari pada hari kemaren-kemaren Alhamdulillah, dan tanggal 22juli 2009 aku kembali ke Hong Kong menginap semalam diBandara Soekarno Hatta tanpa penginapan persis kaya orang hilang..maklum karena penginapan yang ada disekitar bandara senuanya penuh malam itu..

beginilah perjalanan liburan rose selama 17hari kemaren kawan..nulis ini just iseng aja agar terkenang sepanjang masa liburan rose selama 17hari (holiday kelabu) hehehe